• Jumat, 22 September 2023

Lagi, 40 Ton Bantuan Kemanusiaan Indonesia Untuk Korban Gempa di Turki Tiba Malam

- Kamis, 23 Februari 2023 | 10:32 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers sesaat setelah tiba di Bandar Udara Adana Sakirpasa, Turki. (SultraNetwork.com/kemlu.go.id)
Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers sesaat setelah tiba di Bandar Udara Adana Sakirpasa, Turki. (SultraNetwork.com/kemlu.go.id)



SultraNetwork.com - Bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk korban gempa Turki masih terus mengalir.

Informasi yang dirilis Humas Kementerian Luar Negeri (Kemlu), bantuan Indonesia kembali tiba di Bandar Udara Adana ┼×akirpa┼ča, Turki pada Rabu, 22 Februari 2023, tepat pukul 00.00 waktu setempat.

Rombongan Indonesia dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang diutus Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Resep Masakan Telur Balado Khas dari Minangkabau, Menggugah Selera Enak dan Cocok Buat Lauk Makan

“Alhamdulillah pada malam hari ini, jam 12 tepat kami dari rombongan Indonesia telah tiba. Saya didampingi Bapak Kepala BNPB saya mewakili pemerintah Indonesia diutus oleh Bapak Presiden Jokowi untuk berkunjung, sekaligus membawa bantuan untuk tahap ketiga korban bencana alam di Turki ini,” ujar Menko PMK dalam keterangannya kepada awak media di Bandara Adana sebagaimana dilansir dari laman kemlu.go.id pada Kamis, 23 Februari 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK atas nama Pemerintah Republik Indonesia menyampaikan ucapan duka mendalam bagi pemerintah dan rakyat Turki, khususnya yang menjadi korban gempa beberapa waktu lalu.

Menko PMK menegaskan bahwa pemerintah Indonesia akan terus memberikan dukungan dalam berbagai bentuk, baik personel maupun logistik.

Baca Juga: Inilah 3 Ramalan Zodiak Yang Mendapat Kemudahan dalam Segala hal, Rezekinya juga Berlimpah

“Kita juga terus memberikan dukungan, memberikan bantuan, baik yang berupa personel, yang sudah kerja di sini baik itu search and rescue team, tim untuk pencari dan untuk menemukan korban, juga medical team, medical emergency team, tim tenaga medis yang menangani kedaruratan. Juga akan kita kirim berbagai macam bantuan, baik itu bantuan yang berupa logistik maupun peralatan-peralatan yang dibutuhkan oleh para korban,” jelasnya.

Lebih lanjut, Menko PMK menyebut bahwa pemerintah Indonesia dan Turki juga sedang mendiskusikan langkah-langkah berikutnya setelah masa darurat bencana berakhir. Menurutnya, Indonesia akan turut membantu Turki pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa.

“Sebagaimana kita sudah biasa menangani di Indonesia, itu setelah tahap darurat bencana nanti ada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, dan ada kemungkinan kita juga akan tetap terlibat pada tahap nanti rehabilitasi dan rekonstruksi dan akan kita tularkan pengalaman kita menangani tahap-tahap rehabilitasi dan rekonstruksi di Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Menggugah selera Makan, Resep Masakan Sayur Asem Jawa Cocok diPadukan dengan Nasi Hangat Gurih dan Lezat

Menko PMK pun mendoakan agar seluruh korban bisa segera ditemukan dengan selamat. Selain itu, ia juga berharap agar seluruh rakyat dan pemerintah Turki bisa segera bangkit kembali.

“Kita juga berdoa mudah-mudahan Turki, seluruh rakyat Turki dan pemerintah Turki bisa segera bangkit kembali dan menjadi lebih kuat dari yang sebelumnya,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Penasihat Kebijakan Luar Negeri Turki, Murat Salim Esenli, yang mewakili pemerintah Turki menyambut baik bantuan kemanusiaan dan kedatangan perwakilan dari pemerintah Indonesia.

Halaman:

Editor: Rustam Djamaluddin

Sumber: Kemlu.go.id

Tags

Terkini

X