Indonesia dan Polandia Jalin Kerjasama Perdagangan dan Investasi

- Rabu, 24 Mei 2023 | 10:23 WIB
Dubes Umar Hadi dan Dubes Wojciech Gerwel (SultraNetwork.com/kemlu.go.id)
Dubes Umar Hadi dan Dubes Wojciech Gerwel (SultraNetwork.com/kemlu.go.id)

SultraNetwork.com - Pemerintah Indonesia dan Polandia sepakat untuk terus mendorong upaya peningkatan kerja sama pada sektor unggulan kedua negara.

Sektor-sektor potensial kedua negara, meliputi perdagangan, investasi, pariwisata, energi, industri kreatif, industri strategis, Pendidikan dan vokasi, transportasi serta kesehatan.

Kerjasama ini dibahas dalam pertemuan ke-5 Forum Konsultasi Bilateral (FKB) Indonesia-Polandia di Jakarta sebagaimana dikutip dari laman kemlu.go.id pada Rabu, 24 Mei 2023

Baca Juga: APBMI Konut dan ISAA Sultra Laporkan Bupati Konawe Utara Dugaan Maladministrasi

Pada FKB kali ini, delegasi Indonesia dipimpin oleh Dubes Umar Hadi, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kemlu. Sementara itu, delegasi Polandia dipimpin oleh Dubes Wojciech Gerwel, Undersecretary of State for Economic Cooperation, the United Nations, Asia and the Americas, Kemlu Polandia.

Dirjen Umar Hadi menyebutkan bahwa kenaikan signifikan volume perdagangan bilateral di tengah-tengah situasi ekonomi global yang tertekan, menunjukan modalitas yang kuat yang dimiliki kedua negara dalam bidang kerja sama ekonomi. “Tingginya angka ini juga menunjukkan kedua negara masih memiliki banyak ruang dalam pengembangan kerja sama bilateral," ujar Direktur Jenderal. ‚Äč

Di sela-sela pertemuan, keduanya juga melakukan seremoni serah terima sebuah charger station yang dihibahkan oleh Perusahaan Polandia EkoEnergetyka kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia. Dubes Gerwel menyampaikan bahwa serah terima ini menjadi simbol kerja sama bilateral yang lebih erat di bidang elektromobilitas.

Baca Juga: Dana Desa Diusul Naik Rp 5 Miliar Per Desa Tahun 2024

Selain kerjasama bilateral, kedua negara juga membahas situasi di Kawasan termasuk ASEAN, Indo-Pasifik, dan Eropa. Polandia menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Indonesia pada G20 dan mendukung Keketuaan di ASEAN. Kedua negara juga sepakat akan pentingnya Kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan inklusif.

Saat ini Polandia menjadi mitra dagang terbesar di Kawasan Eropa Tengah, dengan nilai perdagangan bilateral pada tahun 2022 mencapai angka USD 1,36 juta. Angka ini meningkat 60,74% dari angka tahun 2021. ***

Editor: Rustam Djamaluddin

Sumber: Kemlu.go.id

Tags

Terkini

X