• Selasa, 6 Desember 2022

Berantas Korupsi, Stranas PK Percepat Penerapan Sistem SIMDA dan SIPD Secara Terintegrasi

- Kamis, 24 November 2022 | 15:29 WIB
Peserta webinar bincang Stranas PK, rapat koordinasi percepatan integrasi perencanaan dan penganggaran daerah (SultraNetwork.com/kendarikota.go.id)
Peserta webinar bincang Stranas PK, rapat koordinasi percepatan integrasi perencanaan dan penganggaran daerah (SultraNetwork.com/kendarikota.go.id)

 

SultraNetwork.com – Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) mendorong percepatan integrasi, antara Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) dan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Sebab sudah hampir 4 tahun berjalan, namun belum juga terlaksana sebagaimana diharapkan.

“Sudah 4 tahun integrasi ini kita rencanakan dan hampir tidak ada kemajuan yang berarti, kami masih melihat di pemerintahan daerah masih menjalankan dua sistem, kami paham dan ingin kita akhiri segera,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan sebagaimana dikutip dari laman kendarikota.go.id pada Kamis, 24 November 2022.

Baca Juga: Soal Ganti Rugi Tanah, Masyarakat Jangan Dirugikan

Pahala Nainggolan menjelaskan, terdapat 12 rencana aksi pemberantasan korupsi, salah satunya rencana aksi integrasi perencanaan keuangan dari tingkat desa sampai tingkat kementerian.

Dalam rencana aksi ini akan mengintegrasikan keuangan desa kemudian Kabupaten/kota, provinsi, Bappenas dan Kementerian Keuangan. Selanjutnya mengintegrasikan perencanaan, penganggaran, penatausahaan, akuntansi dan laporan keuangan dalam satu sistem.

“Sesudah di Kabupaten Kota sistem ini juga direncanakan terintegrasi ke provinsi dalam bentuk yang sama perencanaan, penganggaran, akuntansi, laporan keuangan dan penatausahaan kemudian provinsi akan terkoneksi dengan pusat,” jelasnya pada webinar bincang Stranas PK.

Baca Juga: Resep Makanan Udang Bakar, Enak dan Lezat Dijamin Rasanya Menggugah Selera


Untuk mempercepat proses integrasi ini, pemerintah daerah akan dipermudah dengan hanya mengisi satu sistem, dan hasilnya bisa digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan para kepala daerah.

Halaman:

Editor: Rustam Djamaluddin

Sumber: kendarikota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X