Puluhan Rumah Warga Konawe Utara Diredam Lumpur, Diduga Karena Aktivitas Pertambangan

- Senin, 5 Desember 2022 | 12:16 WIB
Puluhan Rumah Warga Konawe Utara Diredam Lumpur, Diduga Karena Aktivitas Pertambangan
Puluhan Rumah Warga Konawe Utara Diredam Lumpur, Diduga Karena Aktivitas Pertambangan

SultraNetwork.com - Puluhan rumah warga di Desa Tapunggaya dan Tapuemea, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara, dikabarkan terendam banjir pada Senin, 5 Desember 2022.

Banjir dikabarkan mulai melanda dua desa tersebut, setelah hujan deras turun dengan waktu lama sejak Minggu 4 Desember 2022 pagi.

Parahnya, banjir dikabarkan bercampur lumpur dengan warna kemerahan. Lumpur itulah yang merendam rumah-rumah warga.

Baca Juga: Awal Pekan, Harga Emas Antam Merangkak Naik: Berbanderol Rp 999.000 per Gram

"Pagi tadi, karena hujan yang begitu deras. Tinggi air sampai lutut orang dewasa, bahkan ada yang sampai satu meter," ungkap Jeri kepada Sultranetwork.com.

Ia menilai bahwa terjadinya banjir tidak lepas dari aktivitas pertambangan, yang mana di wilayah Desa Tapunggaya dan Tapuemea merupakan area konsesi atau Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Antam.

Jeri pun mengatakan bahwa tujuh tahun terakhir banjir kerap melanda daerah mereka, sejak di mana adanya aktivitas pertambangan ore nikel.

Baca Juga: Striker Prancis Kylian Mbappe, Sementara Top Skor Piala Dunia 2022

Menurutnya, selain curah hujan yang tinggi, aktivitas pertambangan juga menjadi penyebab banjir. Sebab, dahulu walaupun turun dengan intensitas tinggi, banjir tidak terjadi.

Hingga kini, setelah aktivitas tambang menjamur, banjir sudah tak terhindarkan lagi. Bahkan, dalam setahun jika intensitas hujan tinggi, bisa dua hingga tiga kali.

Halaman:

Editor: Mirkas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penduduk Miskin Sultra Meningkat

Senin, 16 Januari 2023 | 20:07 WIB

Terpopuler

X